10 Cara pengobatan asma yang bisa dilakukan di rumah - Agen Resmi Green World Indonesia

10 Cara pengobatan asma yang bisa dilakukan di rumah

Bisa dikatakan kalau asma merupakan penyakit yang sangat mengancam kehidupan dan harus mendapatkan perhatian serius. Untuk melakukan hal tersebut kita hanya butuh beberapa bahan alami yang bisa mengurangi gejala asma. Sebagian besar bahan-bahan tersebut berasal dari dapur, jadi setelah baca artikel ini kita bisa langsung praktek.

Lihat obat asma herbal

1. Potongan jahe

Selama ini jahe terkenal akan sifat anti-inflamasinya. Dalam mengobati asma, jahe adalah salah satu yang paling umum. Dengan sepotong jahe setiap hari yang dimasukan ke dalam teh hangat bisa mengurangi sesak nafas akibat asma.

2. Bawang mentah

Bawang memiliki bau yang sangat tajam dan menusuk hidung. Bagi sebagian orang, bahkan chief sekalipun sangat menghindari bau bawang ini karena bisa membuat mereka berlinang air mata. Namun bagi penderita asma, efek bawang yang luar biasa ini justru sangat menguntungkan. Untuk mendapatkan manfaat bawang, kita cukup menambahkan bawang mentah ke dalam menu makanan. Sifat anti-inflamasi pada bawang juga mampu melegakan saluran nafas. Namun risikonya, Anda harus menanggung bau badan untuk beberapa saat.

3. Air rebusan bawang putih

Minum setengah cangkir rebusan bawang putih setiap hari bisa mengurangi gejala-gejala asma. Ramuan ini mampu membersihkan paru-paru sehingga bisa aliran udara menjadi lancar. Untuk mendapatkan manfaat dari bawang putih ini, kita hanya perlua merebus sekitar 12 siung bawang putih dalam setengah cangkir air. Lalu minum ramun ini satu kali setiap hari. Sebaiknya diminum sebelum tidur atau di pagi hari.

4. Menghirup mint

Mint mampu menyegarkan mulut dan juga bisa mengurangi terjadinya serangan asma. Dianjurkan penggunaan uap mint untuk mengatasi pembengkakan dan peradangan pada saluran pernafasan. Menghirup uap mint bisa dilakukan dengan memasukan tetesan minyak mint ke dalam steamer, atau dengan menghirup teh mint. Jika tidak ada masalah dengan ruang, menanam pohon mint di luar jendela atau menyediakan pot mint di dalam ruangan juga bisa menjadi alternatif.

5. Kopi panas

Kopi bisa menjadi penangkal dan pengobatan asma yang paling mudah untuk dilakukan di rumah. Kopi bisa mengobati asma karena ada uap yang terhirup selama minum kopi. Untuk itu, disarankan agar minum kopi yang masih panas. Hasil penelitian juga menunjukan banyak manfaat lain dari minum kopi selain sebagai obat asma.

6. Buah ara atau tin

Beberapa hasil studi menunjukan bahwa buah ara bermanfaat untuk mengobati batuk dan meringankan masalah pernafasan. Rendam buah ara selama semalam dan minum di saat perut kosong. Jika Anda ingin membuatnya lebih enak ketika dinikmati, rebus beberapa buah ara yang sudah bersih, lalu saring dan campurkan dengan susu. Hal ini tentu akan terasa lebih nikmat.

7. Sayur dan buah organik

Konsumsi sayur dan buah organik merupakan bagian dari pola makan sehat. Konsumsi makanan organik daripada makanan junk food itu lebih baik karena junk food biasanya menyebabkan lemak dan menyebabkan asma. Tapi bila Anda mau, Anda bisa makan burger untuk sekali waktu, jangan sering-sering.

8. Berolahraga tiap hari

Tidak ada alasan untuk tidak berolahraga hanya karena Anda menderita asma. Berolahraga setiap hari sangat dianjurkan, olahraga yang baik bagi benderita asma bisa yoga, jalan-jalan, atau berenang. Cobalah untuk lari-lari kecil, jika masih terlalu merasa kelelahan, Anda bisa jalan kaki saja.

9. Asam lemak omega 3

Asam lemak omega 3 ditemukan dalam salmon, tuna, atau makarel bisa membantu peradangan di saluran pernapasan tetap terkendali. Dan hasilnya adalah pengurangan serangan asma.

baca juga : Sumber omega 3

10. Madu

Madu adalah satu-satunya bahan alami tertua yang sangat efektif untuk meringankan asma. Alkohol dan minyak ethereal pada humektan ini membantu meringankan gejala asma. Cukup menelan satu sendok teh madu dengan bubuk kayu manis setiap hari. Ini akan membersihkan saluran udara Anda dan memungkinkan Anda untuk tidur lebih baik!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *