16 tanda-tanda awal kehamilan - Agen Resmi Green World Indonesia

16 tanda-tanda awal kehamilan

Apakah Anda sedang menunggu bayi pertama Anda? Untuk memastikan bahwa Anda akan segera punya bayi, kenali tanda-tanda kehamilan dibawah ini.

Tanda awal kehamilan

Tanda-tanda kehamilan bisa dirasakan (diketahui) melakukan pemeriksaan pada diri sendiri. Jadi apakah Anda sudah hamil atau belum bisa periksa dengan mencocokan tanda-tanda dibawah ini.

Sesak nafas

Oksigen sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan janin sehingga Anda membutuhkan lebih banyak oksigen. Hal ini akan terjadi sepanjang kehamilan, dan nafas akan semakin pendek seiring dengan pertumbuhan bayi yang mulai menekan paru-paru dan diafragma. Nafas sesak hanya akan terjadi di awal kehamilan karena belum terbiasa, dan ini tidak akan terlalu menyiksa Anda seperti halnya asma.

Nyeri pada payudara

Ada sedikit ketidaknyamanan pada payudara jika Anda sudah hamil. Penyebabnya adalah hormon pada payudara di awal kehamilan akan mengalami perubahan, kulit payudara terasa lembut, sensitif dan kadang meninggalkan rasa sakit atau nyeri. Perubahan hormon ini juga bisa menyebabkan payudara terasa lebih penuh dan lebih berat.

Mudah lelah

Kelelahan bisa jadi efek sesak nafas. Faktor lainnya ialah peningkatan hormon di tubuh Anda. Pada umumnya, kelelahan hanya terjadi pada trimester pertama dan pada trimester kedua dan selanjutnya tidak lagi merasa kelalahan. Selain mudah lelah, mungkin pada malah hari juga Anda akan tidur lebih awal dari biasanya.

Merasa mual yang disertai dengan muntah atau tidak

Lama perasaan mual tidak diketahui secara pasti, ada yang menyebutkan hingga 6 minggu, 3 minggu dan sebagainya. Kondisi ini berbeda-beda bagi setiap calon ibu. Penyebabnya bisa karena hormon kehamilan atau karena merasa mencium bau yang tidak biasa dan menyebabkan mual. Gejala ini sering datang kapan saja, biasanya pagi hari sehingga disebut “morning sickness”, kadang terasa pada sore hari, atau bahkan malam hari.

Sering buang air kecil

Selama kehamilan, tubuh Anda akan memproduksi lebih banyak cairan yang membuat kandung kemih bekerja lebih keras lagi. Akibatnya, Anda akan lebih sering ke kamar kecil untuk buang air.

Nyeri punggung

Jika biasanya tidak mengalami nyeri punggung, lalu tiba-tiba Anda merasa nyeri punggung meskipun hanya sedikit, itu bisa berarti ligamen Anda menjadi longgar. Keadaan ini akan terus berlangsung selama masa kehamilan disebabkan oleh pertambahan berat badan dan pengaruh gravitasi.

Merasa kram di perut

Kram pada masa kehamilan akan terjadi karena rahim meregang. Hal ini terjadi sebagai bentuk persiapan bagi calon bayi.

Mengidam

Mengidam terjadi akibat adanya perubahan hormonal di tubuh. Perubahan ini bisa mempengaruhi selera makan. Biasanya, orang mengidam dengan menginginkan makanan atau buah yang rasanya masam, atau hal lainnya yang aneh-aneh. Jika masalah-masalah makanan tersebut terjadi pada Anda, bisa jadi itu adalah sinyal dari tubuh Anda bahwa Anda sudah hamil.

Merasa sembelit dan perut kembung

Hal ini biasanya diketahui dari pakaian yang digunakan. Jika baju ketat Anda tiba-tiba tidak muat lagi karena perut sedikit membesar. Bukan karea ada bayinya, tapi perut Anda membengkak karena adanya ekstra progesteron sebagai bentuk persiapan menghadapi kehamilan. Ekstra progesteron bisa memperlambat sistem pencernaan dan hasilnya ialah perut kembung dan sembelit untuk sementara.

Perubahan suasana hati

Mudah marah adalah tanda kehamilan berikutnya. Pada awal kehamilan, Anda akan lebih mudah marah bahkan kerna hal-hal sepele sekalipun. Perubahan suasana hati ini sangat umum terjadi. Penyebabnya bisa karena tubuh sedang menyesuaikan diri dengan hormon baru.

Suhu tubuh meningkat

Peningkatan suhu tubuh basal akan terjadi selama 2 minggu sejak ovulasi terjadi. Jika peningkatan suhu terjadi lebih dari dua minggu, sangat besar kemungkinan bahwa Anda sedang hamil.

Indera penciuman jadi lebih tajam

Tanda kehamilan yang satu ini tidak disebutkan penyebabnya. Namun, jika Anda merasa bahwa penciuman Anda meningkat sehingga mudah sekali menemukan bau tidak sedap. Mungkin Anda sedang hamil.

Merasa pusing hingga pingsan

Bagian ini dikaitkan dengan tingkat gula darah dan tekanan darah. Jika Anda mengalami tekanan darah rendah atau gula darah Anda masuk kategori rendah, mungkin Anda akan lebih sering merasa pusing, dan bahkan pingsan. Untuk mengatasi hal ini Anda perlu makan yang cukup dan tetap terhidrasi dengan baik.

Pendarahan

Kadang-kadang sedikit bercak atau perdarahan vagina adalah salah satu tanda pertama kehamilan. Dikenal sebagai pendarahan implantasi, hal itu terjadi ketika telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan rahim – sekitar 10 sampai 14 hari setelah pembuahan. Pendarahan implantasi umumnya berlangsung untuk waktu yang singkat dan terjadi sekitar waktu periode menstruasi. Namun, pendarahan implantasi biasanya jauh lebih ringan dari perdarahan menstruasi.

Telat datang bulan

Jika siklus mentsruasi Anda biasanya normal dan teratur, lalu tiba-tiba terlambat belum menstruasi. Berarti ovum Anda berhasil dibuahi dan itu artinya Anda sudah masuk masa kehamilan.

Tanda positif pada test-pack

Jika Anda sudah merasakan semua hal diatas dan masih ragu, gunakan test pack. Jika hasilnya positif berarti Anda benar-benar hamil, dan jika sebaliknya, mungkin sebaiknya Anda konsultasi ke dokter untuk periksa masalah Anda.

Baca informasi penting tentang kehamilan di :
Ovary Nutrition Capsule, untuk Kesehatan Reproduksi Wanita

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *