Kaporit Bukanlah Penyebab Mata Merah Setelah Berenang - Agen Resmi Green World Indonesia

Kaporit Bukanlah Penyebab Mata Merah Setelah Berenang

Banyak orang yang menganggap kalau penyebab mata menjadi merah setelah berenang itu adalah kaporit, padahal penyebab sebenarnya bukanlah dari kaporit, melainkan dari urine manusia. Ini memang fakta yang mengejutkan, tapi sudah terbukti benar dari beberapa penelitian yang terkait dengan penyebab mata merah setelah berenang.

Bukti itu terlihat dari penelitian yang dilakukan oleh ahli kesehatan dari US Centres for Disease Control and Prevention (CDC), Water Quality and Health Council dan the National Swimming Pool Foundation (NSPF) menyatakan bahwa penyebab dari masalah mata merah setelah berenang di kolam renang ini bukanlah kaporit, melainkan adanya seseorang yang buang air kecil di kolam renang.

Dalam kasus seperti ini, perlu adanya pengarahan pada perenang atau pengguna kolam renang untuk tidak buang air kecil di kolam renang, karena dampak buruk yang serius akan terjadi apabila air urine bercampur dengan kaporit, bukan hanya membuat mata merah saja, tapi bisa lebih serius lagi.

Air kaporit yang ada di kolam renang akan mengikat segala sesuatu yang mencoba masuk ke dalam tubuh seperti urine dan keringat dengan membentuk reaksi iritasi kimia. Reaksi iritasi kimia inilah yang membuat mata menjadi merah, campuran yang tercipta tersebut disebut chloramine.

Dampak buruk yang serius selain membuat mata merah adalah sering batuk. Pasti anda juga pernah melihat orang yang berenang di kolam renang sering batuk, itu karena chloramine tersebut sudah membuat paru-paru menjadi infeksi, dan apabila dibiarkan maka dalam waktu lama kondisi paru-paru akan menjadi infeksi paling parah.

Anda juga sering melihat perenang selalu memakai kacamata renang saat berenang, memakai pakaian renang yang nyaman untuk tubuh, dan penutup kepala atau rambut. Hal ini bertujuan untuk melindungi mata, rambut dan badan dari air kaporit yang bisa bercampur keringat perenang ke dalam air kolam renang yang bisa membentuk chloramine.

Kemudian disarankan kepada siapapun yang berenang di kolam renang harus mandi dulu sebelum masuk ke dalam kolam renang, hal ini bertujuan agar keringat dan minyak di tubuh tidak masuk ke dalam kolam renang dan membentuk chloramine. Bukan hanya itu saja, anda juga harus memastikan kolam renang yang anda pakai memiliki aliran udara yang memadai dan kualitas air yang baik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *