Manfaat Dan Dampak Mengkonsumsi Kafein - Agen Resmi Green World Indonesia

Manfaat Dan Dampak Mengkonsumsi Kafein

Kafein adalah senyawa alkaloid xantino yang memiliki ciri berbentuk kristal dan rasa dari kafein ini pahit. Kafein ditemukan oleh seorang alkemis (ahli kimia) asal jerman yang bernama Friedrich Ferdinand Runge, tepatnya pada tahun 1819 untuk dimanfaatkan sebagai obat perangsang psioaktif dan diuretik ringan, dan sekarang ini kafein bisa mudah ditemukan di beberapa minuman seperti kopi dan minuman berenergi.

Manfaat dan dampak mengkonsumsi kafein dilihat dari seberapa banyak takaran kafein yang dikonsumsi. Jika mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang cukup dan tidak terlalu sering, maka kafein akan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tapi apabila dikonsumsi secara berlebihan, akan menyebabkan kecanduan kafein yang akan berdampak buruk pada kesehatan.

Dari serangkaian penelitian yang dilakukan oleh para ahli tentang manfaat dan dampak mengkonsumsi kafein, telah ditemukan beberapa fakta dari manfaat dan dampak mengkonsumsi kafein, diantaranya adalah :

Mencegah resiko terkena parkinson

Kafein dapat menghambat reseptor adenosin pada otak yang bisa menyebabkan penyakit parkinson. Seorang penderita parkinson memiliki banyak reseptor di otaknya, sedangkan kafein dapat menekan dan menghambat reseptor masuk ke otak, sehingga orang yang mengkonsumsi kafein dapat terhindar dari penyakit parkinson.

Turunkan gula darah penderita diabetes

Gula darah yang tinggi pada penderita diabetes disebabkan oleh kadar gula darah yang tidak bisa diproses zat insulin dalam sistem metabolisme glukosa. Kafein dapat membakar kadar gula dalam darah, sehingga penderita diabetes yang memiliki kadar gula darah tinggi akan turun karena mengkonsumsi kafein.

Mencegah resiko terkena sakit jantung

Asalkan mengkonsumsi kafein tidak berlebihan, maka chlorogenic acid pada kafein dapat menekan resiko berbahaya terkena penyakit jantung. Tapi jika anda mengkonsumsi kafein secara berlebihan, maka dapat membuat jantung mengalami kontraksi hebat, sehingga sering terjadi detak jantung tidak beraturan karena kafein.

Meningkatkan daya ingat

Seiring bertambahnya usia, maka daya ingat otak akan menurun. Manfaat minum secangkir kopi di pagi hari, dapat meningkatkan daya ingat seseorang, hal ini dikarenakan kandungan kafein di dalam kopi bisa menambah kemampuan kognitif manusia.

Untuk mendapatkan manfaat dan dampak mengkonsumsi kafein, anda bisa mencoba untuk meminum kopi. Selain kopi, masih banyak makanan dan minuman lainnya yang mengandung kopi. Berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang mengandung kafein, diantaranya adalah :

  • Minuman bersoda.
  • Cokelat.
  • Permen penyegar nafas.
  • Minuman berenergi.
  • Teh.
  • Es krim.
  • Kuaci bunga matahari,
  • Pil pereda nyeri.
  • Pil diet.

Diatas merupakan beberapa makanan dan minuman yang mengandung kafein.

Dampak buruk konsumsi kafein

Makanan minuman yang mengandaung kafein sudah disebutkan diatas, oleh karena itu, pastikan anda tidak memakan makanan yang mengandung kafein terlalu banyak. Beberapa masalah kesehatan akan terjadi apabila terlalu berlebihan mengkonsumsi kafein, masalah kesehatan tersebut diantaranya adalah :

  • Menyebabkan kerut pada wajah.
  • Menyebabkan osteoporosis.
  • Menurunkan kualitas suara.
  • Sulit tidur.

Itulah beberapa manfaat dan dampak mengkonsumsi kafein. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *