Pengaruh Kurang Tidur Terhadap Kinerja Otak - Artikel Kesehatan

Pengaruh Kurang Tidur Terhadap Kinerja Otak

Pengaruh Kurang Tidur Terhadap Kinerja Otak,- Meskipun ada cara mengistirahatkan otak tanpa tidur, tetap saja cara terbaik otak beristirahat adalah tidur.

Pengaruh Kurang Tidur Terhadap Kinerja Otak

Sekarang ini orang-orang yang hidup di negara maju dengan penghasilan standar, sangat menginginkan tidur yang nyenyak. Di Indonesia yang hanya negara berkembang, untuk orang-orang menengah dengan penghasilan biasa-biasa saja pun sudah kehilangan waktu berharga untuk tidur.

Bagaimana pun juga, banyak orang-orang yang ingin menghabiskan waktu libur nya untuk tidur seharian di rumah, karena mereka sadar kalau selama mereka bekerja, mereka kurang tidur. Aktivitas yang sibuk dan membuat kurang tidur sangat tidak baik untuk kesehatan, daya tahan tubuh lemah dan emosi pun menjadi tidak terkendali karena kurang tidur. Selain itu, ada pengaruh kurang tidur terhadap kinerja otak, yaitu kurang tidur sebabkan kerusakan pada otak.

Pengaruh kurang tidur terhadap kinerja otak adalah menurunnya daya ingat, daya berpikir dan beberapa fungsi otak yang menurun. Kurang tidur akan memaksa otak terus bekerja tanpa henti, maka otak menjadi lelah yang akhirnya terjadi kerusakan pada otak.

Berdasarkan fakta dari penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Oxford University, rata-rata otak orang dewasa yang berusia 54 tahun dengan kulaitas tidur yang buruk, mengalami penurunan volume otak pada gray matter atau kecerdasan otak. Gray matter adalah bagian dari otak yang berfungsi sebagai penalaran, perencanaan, memori dan pemecahan masalah, intinya semua hal yang berkaitan dengan logika dan kecerdasan ada pada bagian gray matter.

Dari penelitian diatas, maka dapat disimpulkan kalau orang yang tidur memiliki kecerdasan otak yang kurang baik jika dibandingkan dengan orang yang cukup tidur. Apabila hal ini terus dibiarkan, bukan hanya kecerdasan otak saja yang menurun, tapi timbulnya masalah yang berhubungan dengan otak akan muncul, dan secara perlahan akan membuat otak mengalami kerusakan yang permanen.

Selain kerusakan otak, ada masalah kesehatan lain yang terjadi karena kurang tidur, diantaranya adalah gangguan hati dan masalah pada jantung. Emosi orang yang kurang tidur akan labil, dengan kata lain orang tersebut menjadi mudah tersinggung dengan ungkapan emosi yang tidak terkendali, misalnya mudah marah atau mudah bersedih saat tersinggung hal yang sepele.

Oleh sebab itu, se bisa mungkin anda mendapatkan waktu tidur yang cukup, karena bagaimanapun tidur cukup sangat penting untuk kondisi tubuh dan kesehatan otak. Demikianlah artikel saya tentang ‘pengaruh kurang tidur terhadap kinerja otak ini’, dan semoga informasi yang disampaikan bisa bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *