Penyebab Mata Merah Dan Perih - Agen Resmi Green World Indonesia

Penyebab Mata Merah Dan Perih

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab mata merah dan perih, mulai dari kecelakaan ringan seperti kelilipan atau terkena debu, asap, atau bisa juga karena kurang tidur di malam hari.

Selain karena kecelakaan ringan, hal berbahaya yang bisa jadi penyebab mata merah dan perih adalah terkena infeksi, bahkan hal ini sering terjadi, terlebih jika mata merah terasa pedih.

Penyebab Mata Merah Dan Perih

1. Infeksi mata

Terkadang banyaknya kotoran mata, kemudian mata terasa gatal, pedih atau terbakar, biasanya disebabkan oleh infeksi mata oleh virus atau pun bakteri.

Kondisi tersebut disebut konjungtivitis atau sakit mata. Konjungtivitis merupakan infeksi mata yang paling umum.

Gejala umum yang dapat terlihat pada penderita infeksi mata konjungtivitis adalah mata yang berair, serta gatal-gatal, dan biasanya akan mengeluarkan banyak kotoran mata, kotoran tersebut terlihat jelas di bulu mata dan sudut mata.

Peradangan pada kelopak mata atau biasa disebut blepharitis juga merupakan penyebab mata merah dan perih.

Baca juga: Eye Care Softgel, Pengobatan Herbal untuk Mata

2. Terkena benda asing

Sudah jelas jika benda asing masuk ke mata, maka mata akan menjadi merah, pedih dan gatal-gatal. Benda asing tersebut diantaranya adalah :

  • Debu.
  • Pasir.
  • Serbuk bumbu.
  • Serangga.
  • Serbuk sari.

3. Alergi

Penyebab mata merah dan perih lainnya adalah alergi. Misalnya mata terbakar, hal itu bisa disebabkan oleh peradangan akibat alergi.

Ada juga alergi lokal seperti pemakaian pelembab dan make-up. Kemudian adanya alergen yang beterbangan di udara seperti bulu binatang dan sebuk sari yang mengiritasi mata dan membuat mata menjadi merah dan pedih.

4. Mata kering

Mata sangat memerlukan kelembaban, maka ketika produksi air mata, hal ini disebut dengan mata kering.

Kondisi mata kering akan membuat mata menjadi merah, terasa gatal dan pedih.

Ketika anda di depan layar komputer selama 2 sampai 3 jam, berada di ruangan AC, perjalanan menggunakan pesawat, dan sering bersepeda, maka kegiatan tersebut bisa menyebabkan mata menjadi kering.

5. Cedera mata

Terkadang ada beberapa aktivitas yang bisa menyebabkan mata cedera. Misalnya pada saat bekerja, bermain atau olahraga, hal tersebut bisa saja menyebabkan mata berair dan pedih.

Oleh karena itu penggunaan kacamata pelindung sangat penting saat melakukan aktivitas tersebut.

Memiliki kuku yang panjang bisa mencederai mata ketika anda mengucek mata, atau cedera mata juga bisa terjadi pada saat anda memakai lensa kontak.

Sebenarnya masih banyak lagi beberapa hal yang bisa menyebabkan mata menjadi merah dan perih, tapi diatas saya hanya sajikan sebagiannya saja. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *