Penyebab Menurunya Kualitas Sperma - Agen Resmi Green World Indonesia

Penyebab Menurunya Kualitas Sperma

Ada banyak sekali faktor penyebab menurunnya kualitas sperma, jika diperhatikan, beberapa aktivitas modern yang sering dilakukan sehari-hari, ternyata bisa mempengaruhi kualitas sperma seseorang. Masalah pada menurunnya kualitas sperma sendiri merupakan hal umum yang sering terjadi di beberapa kaum laki-laki, dan permasalahan ini harus segera ditangani.

Mungkin untuk orang yang sudah berumah tangga dan memiliki banyak anak, berkurangnya kualitas sperma bukanlah masalah, tapi terkadang menurunnya kualitas sperma juga dialami olah pria muda yang masih remaja. Sebelum mereka putus asa karena kualitas sperma nya menurun, berikut ini akan saya sajikan beberapa faktor penyebab menurunnya kualitas sperma, dan barangkali bisa membantu anda dalam pencegahan sejak dini, penyebab menurunnya kualitas sperma diantaranya adalah :

Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan adalah orang yang banyak makan makanan tidak sehat tapi jarang olahraga. Orang yang memiliki berat badan berlebihan bukan hanya membuat kualitas sperma menurun saja, tapi mempengaruhi pada kesuburan nya juga, selain itu, produksi hormon estrogen pada penderita obesitas akan meningkat, dan hal ini akan memperburuk produksi sperma.

Rokok dan alkohol

Sering mengkonsumsi alkohol dan menjadi pecandu rokok, sudah merupakan gaya hidup modern yang tidak sehat. Dalam sebuah penelitian telah ditemukan fakta yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi alkohol dalam jumlah banyak akan mengurangi produksi sperma. Kemudian penelitian lain dilakukan terhadap pecandu rokok, dan menyatakan bahwa merokok dapat memicu seseorang terkena impotensi dan rokok sendiri membuat cairan sperma mengandung radikal bebas. Hal tersebut membuat pergerakan sperma menjadi lambat.

Menggunakan underwear

Underwear atau pakaian dalam bisa mempengaruhi kualitas sperma, itu juga jika underwear yang dipakai adalah underwear ketat yang membuat suhu didalamnya menjadi panas. Sebenarnya underwear yang ketat tidak cocok untuk pria, karena bisa membuat kesehatan alat reproduksi terganggu, underwear yang cocok dipakai oleh pria adalah underwear ‘kolor boxer’ yang terbuat dari kain tipis dan halus, boxer seperti ini akan sangat nyaman dan sejuk saat dipakai.

Sunblock

Terkadang ada pria yang takut panas karena takut kulitnya hitam, oleh sebab itu ada sebagian pria yang memakai sunblock. Memakai sunblock akan membuat kualitas sperma menurun, zat kimia seperti BP-2 serat 3OH-BP dapat mengganggu hormon yang memicu produksi sperma. Jika produksi sperma terganggu, maka kualitas sperma pun akan menurun.

Meletakkan laptop di paha

Orang yang bekerja menggunakan laptop, pasti pernah atau memiliki kebiasaan bekerja meletakkan laptop di paha, jika anda memiliki kebiasaan seperti itu segara hentikan. Radiasi alat elektronik seperti laptop akan membuat temperatur suhu menjadi panas, dan hal itu akan mengurangi kualitas sperma. Meletakkan laptop diatas paha sama saja dengan membakar sperma anda sendiri.

Stres

Stres memang bisa berdampak buruk pada kesehatan seseorang, hal ini juga berpengaruh terhadap kualitas sperma, bahkan stres bisa memicu kesuburan pria menurun. Stres bisa membuat beberapa hormon tubuh menjadi tidak seimbang, oleh sebab itu anda harus menghindari stres agar kualitas sperma anda tidak menurun.

Kedelai

Kedelai memang sumber protein yang baik bagi manusia, tapi mengkonsumsi kedelai dengan berlebihan dapat membentuk suatu hormon yang menyerupai hormon estrogen, sedangkan hormon tersebut akan membuat kualitas sperma menjadi menurun. Hal tersebut dikarenakan senyawa isoflavon di dalam kedelai yang mampu membentuk hormon yang menyerupai hormon estrogen. Cara mengatasinya hanya cukup makan kedelai 2 sampai 3 kali dalam seminggu dan tidak makan secara berturut-turut.

Mandi air panas

Mandi air panas memang baik untuk kesehatan, terutama untuk mereka yang lelah bekerja seharian, karena mandi air panas dapat membuat otot-otot menjadi rileks. Tapi mandi air panas akan membuat jumlah sperma menurun jika dilakukan terlalu sering, alasannya adalah mandi air panas membuat temperatur suhu menjadi panas dan ini tidak baik untuk alat reproduksi.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab menurunnya kualitas sperma. Semoga pembahasan ini bisa bermanfaat untuk anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *