Penyebab Radang Tenggorokan - Agen Resmi Green World Indonesia

Penyebab Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan merupakan suatu gangguan kesehatan yang melibatkan area tenggorokan, penyebab radang tenggorokan berbeda-beda dan setiap penyebabnya mempunyai gejala yang berbeda juga. Dalam dunia medis, radang tenggorokan disebut dengan faringitis yang berarti peradangan belakang tenggorokan atau faring.

Radang tenggorokan akan melibatkan semua bagian pada tenggorokan yang diantaranya adalah :

  • Amandel.
  • Belakang lidah.
  • Bagian belakang langit-langit mulut.

Bagian tersebut merupakan bagian yang akan terkena dampak ketika mengalami radang tenggorokan, secara umum akan dirasakan sakit pada tenggorokan, sakit saat menelan makanan, minum, bahkan sakit saat menelan ludah.

Secara garis besar, penyebab radang tenggorokan dibagi menjadi 2 bagian, yaitu disebabkan oleh infeksi dan non infeksi. Berikut akan saya jelaskan kedua penyebab radang tenggorokan tersebut.

Infeksi

Masalah radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi adalah karena adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Beberapa virus yang dapat menyebabkan radang tenggorokan diantaranya adalah :

  • Influenza.
  • Campak.
  • Cacar air.
  • Common cold.
  • Croup.
  • Mononucleosis.

Virus yang disebutkan diatas merupakan virus yang bisa menyebabkan seseorang terkena radang tenggorokan.

Kemudian penyebab infeksi lainnya adalah karena infeksi bakteri, bakteri yang dapat menyebabkan seseorang terkena radang tenggorokan diantaranya adalah :

  • Streptococcus pyogenes atau group A streptococcus.
  • Difteri
  • Batuk rejan.

Non infeksi

Setelah penyebab radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi, sekarang akan saya bahas tentang penyebab radang tenggorokan yang disebabkan oleh non infeksi. Untuk non infeksi diantaranya adalah :

Alergi

Alergi merupakan penyebab radang tenggorokan non infeksi. Ada banyak penyebab seseorang alergi dan biasanya alergi yang menyebabkan radang tenggorokan adalah alergi terhadap bulu kucing, bulu hewan lainnya, jamur, debu dan sesuatu yang bisa membuat hidung mencium bau menyengat dan terasa gatal.

Kekeringan pada tenggorokan

Tenggorokan yang kering akan membuat suhu pada tenggorokan menjadi panas, biasanya penyebab dari tenggorokan mengalami kekeringan adalah karena kurang minum yang disertai suhu cuaca udara yang panas. Saat anda suka bernafas melalui mulut, bisa mengakibatkan kekeringan pada tenggorokan dan menyebabkan terjadinya radang tenggorokan.

Tumor

Tentunya anda pernah mendengar istilah tumor atau kanker tenggorokan. Masalah seperti ini akan membuat sakit pada tenggorokan, dan ini merupakan penyebab radang tenggorokan. Gejala yang dirasakan adalah suara serak, suara nafas berisik, kesulitan menelan makanan, terdapat benjolan di leher, dan air liur atau dahak yang bercampur darah.

HIV

Virus HIV yang menginfeksi seseorang akan membuat sistem kekebalan tubuhnya melemah, oleh sebab itu penderita HIV akan merasakan demam yang disertai radang tenggorokan kronis. Radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi virus HIV akan menimbulkan rasa sakit yang hebat di sekitar tenggorokan.

Iritasi

Iritasi pada tenggorokan berarti melukai tenggorokan, iritasi ini adalah penyebab radang tenggorokan yang bisa disebabkan oleh makanan panas berminyak, makanan manis dan pedas, makanan ringan dan bisa juga karena minuman alkohol, polusi udara, dan asap rokok.

GERD

Masalah lambung seperti GERD atau Gastroesophageal reflux disease, dapat menyebabkan radang tenggorokan. Ketika asam lambung naik tinggi, maka asam tersebut akan mengiritasi bagian organ dalam tubuh yang lainnya, kemudian ketika sampai ke atas tenggorokan, maka akan melukai radang tenggorokan dan terjadilah peradangan pada tenggorokan.

Itulah beberapa penyebab radang tenggorokan yang saudah saya jelaskan secara singkat, padat dan jelas. Semoga bisa bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *