Rabun Senja Dan Penyebabnya - Agen Resmi Green World Indonesia

Rabun Senja Dan Penyebabnya

Rabun senja yang dalam bahasa medis disebut Nyctalopia merupakan kondisi mata yang sama sekali tidak mampu melihat ke dalam keadaan redup.

Di Indonesia sendiri, rabun senja kadang disebut rabun ayam, mungkin sebutan ini diambil dari seekor ayam yang kesulitan melihat di malam hari. dan

Sebenarnya rabun senja tidak membuat penglihatan anda menghilang di malam hari, anda hanya mengalami kesulitan saja saat melihat dalam keadaan redup atau remang-remang.

Oleh sebab itu menyetir atau beraktivitas di malam hari akan sangat berbahaya bagi penderita rabun senja.

Ada beberapa jenis rabun senja yang permanen, artinya sangat sulit bahkan tidak bisa disembuhkan.

Tapi ada beberapa juga yang bisa disembuhkan, itu tergantung jenis rabun senja yang menyerang anda.

Untuk menentukan penyebab dari jenis gangguan yang menyerang penglihatan anda, maka anda sebaiknya mengambil langkah diagnosis dokter agar hasilnya pasti dan akurat.

Karena setelah anda mengetahui rabun senja dan penyebabnya, maka anda bisa mencari cara untuk memperbaiki penglihatan anda.

Rabun Senja Dan Penyebabnya

Penyebab dari rabun senja juga ada beragam, tapi faktor utama yang menyebabkan seseorang terkena rabun senja adalah orang tua atau lansia yang kekurangan asupan vitamin  A.

Anda sendiri tahu kalau vitamin A merupakan sumber vitamin yang dapat menjaga kondisi penglihatan mata tetap baik.

Maka ketika seseorang kehilangan atau kekurangan asupan vitamin A yang cukup, maka akan memiliki penglihatan yang kurang baik.

Pada remaja atau anak-anak saja akan mengalami rabun jauh jika kekurangan vitamin A, maka pada orang dewasa pun sama.

Kekurangan vitamin A hanyalah penyebab yang biasa menyerang para penderita rabun jauh pada umumnya.

Selain kekurangan vitamin A, masih ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang terkena rabun jauh.

Misalnya pada penderita diabetes. Penderita diabetes memiliki kondisi kesehatan yang tidak sehat, oleh karena itu penyerapan vitamin A akan terhambat.

Maka penyakit diabetes pun bisa dikatakan sebagai penyebab dari seseorang terkena penyakit rabun senja.

Setelah diabetes dan kekurangan vitamin A yang menjadi penyebab rabun senja, maka penyebab lainnya adalah cacat genetik dan katarak.

Cacat genetik atau lahir dalam keadaan cacat akan membuat beberapa kondisi tubuh tidak sempurna, maka ini bisa memungkinkan seseorang memiliki bawaan penglihatan yang buruk.

Sedangkan katarak yang akan menyebabkan rabun senja adalah karena hasil setelah operasi katarak akan membuat seseorang memiliki rabun senja.

Selaput yang seperti kabut menghalangi lensa penglihatan dan itu adalah katarak, maka saat pembedahan dokter akan mengganti lensa mata anda dengan lensa buatan.

Maka lensa buatan itulah yang akan membuat anda mengalami rabun senja, hal ini terjadi setelah anda melakukan operasi katarak.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *