Sumber Makanan Penghasil Omega 3 - Agen Resmi Green World Indonesia

Sumber Makanan Penghasil Omega 3

Omega 3 sangat bermanfaat untuk perkembangan otak anak, oleh karena itu sangat penting untuk anda para orang tua memberikan makanan yang banyak mengandung omega 3. Ada banyak sumber makanan penghasil omega 3, dan berikut ini akan saya sajikan beberapa jenis sumber makanan penghasil omega 3.

Sayuran hijau

Ada banyak jenis sayuran hijau yang banyak mengandung omega 3, diantaranya adalah bayam, bunga kol, dan brokoli. Kadar omega 3 yang ada pada sayuran hijau tersebut sangat tinggi, jadi akan cukup untuk memenuhi asupan omega 3 yang dibutuhkan oleh anak.

Minyak nabati

Tidak semua minyak nabati mengandung omega 3, memang sebagian ada, tapi minyak nabati yang mengandung banyak omega 3 berasal dari canola, flaxseed, dan kedelai. Minyak nabati tersebut mengandung kandungan asam alfa-linoleic yang merupakan jenis omega 3 EPA dan DHA.

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Beberapa jenis kacang-kacangan dan biji-bijian ada yang mengandung banyak omega 3, diantaranya adalah kacang merah, kedelai dan walnut. Kemudian olahan makanan yang berbahan dasar kacang-kacangan tersebut juga merupakan sumber omega 3 yang tinggi, misalnya pada tempe dan tahu yang berasal dari kacang kedelai.

Ikan laut

Walaupun sama-sama ikan, tapi ikan laut dan ikan sungai sangat berbeda. Kandungan ikan laut sangat kaya akan omega 3 jika dibandingkan dengan ikan sungai. Hampir semua omega 3 tertinggi berasal dari ikan laut, dan ikan laut yang banyak mengandung omega 3 diantaranya adalah ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, ikan cod, lobster, dan udang. Beberapa ikan laut tersebut mengandung omega 3 yang sangat diperlukan untuk anak, jadi sebaiknya anda lebih memilih omega 3 yang bersumber dari ikan laut, karena kadar omega 3 nya sangat tinggi dan sangat baik untuk perkembangan kecerdasan otak anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Jenis makanan lainnya

Menurut sumber artikel yang saya baca, makanan lainnya yang mengandung omega 3 adalah oatmeal, cereal, biji labu dan minyak ikan cod. Kemudian bahan olahan makanan seperti margarin, yogurt dan telur juga kaya akan kandungan omega 3 nya.

Perlu anda ketahui juga, sumber omega 3 yang berasal dari ikan laut sangat tinggi, jadi sebaiknya anda membatasi dalam mengkonsumsi ikan laut, apalagi mengkonsumsi minyak ikan, karena ada efek samping berbahaya dari bahaya minyak ikan omega 3 yang dikonsumsi secara berlebihan.

Demikianlah ulasan singkat tentang Sumber Makanan Penghasil Omega 3. Artikel ini bersumber dari berbagai sumber terpercaya yang ditulis ulang dengan bahasa sendiri. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *